Saturday 20 June 2015

KATA ORANG DI WARUNG SEBELAH


TIPS

Asupan Gizi untuk Olahraga Lebih Maksimal

Berikut beberapa Asupan gizi untuk olahraga yang sangat memengaruhi performa saat berolahraga. Pilihan makanan dan minuman dapat memaksimalkan energi tubuh saat olahraga. Asupan makanan dan minuman juga mencegah risiko yang muncul saat beraktivitas fisik. Bbeberapa makanan dan minuman sehat yang mendorong performa saat berolahraga sekaligus mendukung program diet Anda.

Kopi

Menurut Molly Kimball, R.D, pakar diet di Ochsner’s Elmwood Fitness Center, New Orleans menyatakan kafein pada kopi meningkatkan ketahanan fisik dan stamina, olahraga lari jarak jauh pun terasa ringan. Disarankan minum kopi hangat atau dingin, setengah jam sebelum olahraga. Bagi Anda yang bermasalah dengan pencernaan, sebaiknya minum kopi satu jam sebelum latihan fisik. Teh hijau juga memberikan manfaat yang sama seperti kopi.

Yogurt

Yogurt memiliki kandungan protein tinggi yang berfungsi membantu perbaikan, membangun, dan memperkuat otot. Asupan protein juga memengaruhi pemulihan otot pascaolahraga. Anda bisa menikmati protein pada saat snacking jelang waktu tidur. Setelah melakukan latihan kekuatan tubuh, sejumlah orang mengonsumsi 20 gram protein. Pilihlah yogurt Yunani jika Anda menemukannya karena kandungan proteinnya lebih tinggi dibanding yogurt biasa.

Pisang

Anda bisa menyuplai pisang sebagai kudapan sehat sebelum berolahraga. Karbohidrat yang terkandung pada pisang mudah dicerna tubuh. Vitamin B6 pada pisang mampu meningkatkan performa selama berolahraga. Kandungan potasiumnya juga bisa mencegah kram otot. Sebaiknya konsumsi setengah porsi pisang ukuran besar setiap 15 menit untuk durasi olahraga lebih dari satu jam.

Jahe

Jahe mengandung zat penghilang rasa sakit seperti gingerol,shogaol, dan zingerone. Studi menunjukkan konsumsi setengah sendok teh tanaman herbal atau akar-akaran seperti jahe, sehari setelah berolahraga berat akan mengurangi nyeri otot 25 persen. Tambahkan beberapa potong jahe ke dalam teh atau gunakan jahe sebagai bumbu variasi dalam ayam.

Sayuran hijau

British Journal of Nutrition menunjukkan sayuran hijau kaya nutrisi seperti beta karoten dan vitamin E baik untuk otot serta membantu mempercepat pemulihan otot. Orang yang makan tiga ons salad per hari selama delapan minggu sebelum berolahraga, dapat mengurangi risiko kerusakan otot pasca latihan fisik.

Kismis

Buah kering ini mengandung karbohidrat yang memberikan asupan energi bagi tubuh. Konsumsi kismis satu jam sebelum olahraga untuk mendorong performa saat berolahraga. Sejumlah penelitian menunjukkan pelari yang mengonsumsi kismis berlari satu menit lebih cepat dibandingkan pelari yang hanya minum air putih.

Apel

Apel mengandung kersetin yang bisa meningkatkan metabolisme energi yang berpengaruh pada ketahanan tubuh. Anda cukup konsumsi apel secara rutin sebagai camilan, ini akan membantu Anda meningkatkan performa saat berolahraga.

Jus tomat

Kandungan antioksidan pada tomat membuat tubuh kembali bugar dan mengurangi risiko yang ditimbulkan radikal bebas.

Jus cherry

Buah cherry mengandung polyphenol, seperti flavonoid dan anthocyanins, yang bisa mengurangi peradangan otot. Mengonsumsi konsentrat buah cherry setiap hari selama seminggu dan dua hari setelah latihan kekuatan tubuh membuat otot pulih cepat setelah berolahraga.

Umbi-umbian
Umbi-umbian mengantarkan oksigen lebih banyak ke otot, sehingga mengurangi kelelahan otot saat beraktivitas fisik dengan intensitas tinggi. Tujuh ons umbi panggang yang dikonsumsi sebelum olahraga dapat meningkatkan performa saat berlari.

Itulah beberapa asupan gizi untuk olahraga yang baik dikonsumsi sebelum latihan fisik. Biasakan mengonsumsi makanan dan minuman sehat untuk menambah energi saat berolahraga. Selain asupan makanan, lakukan pemanasan sebelum berolahraga agar terhindar dari cedera.

No comments: