Friday 19 June 2015

BANANA PROTEIN SHAKE


BANANA PROTEIN SHAKE

Protein shake adalah salah satu jenis minuman olahraga (sport drink) yang terbuat dari bubuk protein dengan dapat dicampur dengan air, susu, jus buah, minuman sari buah, es krim, yogurt, atau campurannya. Penambahan bahan-bahan lain seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dried fruit, oatmeal, peanut butter, madu, minyak zaitun, ataupun coklat bertujuan untuk meningkatkan citarasa dan nilai gizinya. Membuat protein shake sangat mudah, dapat dilakukan secara manual (hand shake) menggunakan shaker, atau dapat juga menggunakan alat seperti blender atau food processor. Ada berbagai jenis protein bubuk yang dapat digunakan untuk membuat protein shake, namun resep sehat kali ini akan menggunakan Prostar 100% Whey Protein. Konsep dasar protein shake sebenarnya yaitu menambahkan protein dalam minuman dengan tujuan untuk meningkatkan nilai gizi minuman tersebut terutama dari segi kandungan protein. Selain sebagai sumber protein, protein shake juga merupakan sumber karbohidrat.

Mengapa penting menambahkan protein pada sport drink Anda? Ada dua manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi sport drink yang mengandung karbohidrat-protein, yaitu: 1) dapat meningkatkan daya tahan, dan 2) pemulihan yang lebih baik selama latihan.

Setidaknya ada tiga studi yang telah dipublikasikan yang melaporkan tentang manfaat minuman karbohidrat-protein. Studi yang pertama dilakukan oleh peneliti dari University of Texas terhadap aktifitas dan kinerja bersepeda. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa partisipan yang diberi minuman karbohidrat-protein memiliki daya tahan lebih lama (26.9 menit) dibanding dengan partisipan yang hanya diberi minuman karbohidrat saja (19.7 menit).

Dua penelitian lain dilakukan oleh Human Performance Laboratory (James Madison University, US. Penelitian pertama dilakukan pada sekelompok atlet bersepeda pria untuk melihat pengaruh daya tahan dan kinerja terhadap minuman olahraga. Para atlet yang diberikan konsumsi minuman karbohidrat-protein memberikan peningkatan kinerja dan ketahanan sebanyak 29% dibanding yang diberi konsumsi minuman karbohidrat saja. Penelitian kedua dilakukan dengan metode yang sama tapi dilakukan pada sekelompok atlet yang terdiri dari atlet bersepeda pria dan wanita. Hasilnya menunjukkan peningkatan kinerja dan daya tahan sebanyak 13% pada partisipan yang diberi minuman karbohidrat-protein dibandingkan dengan yang diberi minuman karbohidrat saja.

Selain manfaat-manfaat tadi, protein kualitas tinggi yang terkandung dalam protein shake dapat membantu membangun otot tubuh Anda. Resep sehat berikut mungkin bisa Anda coba dan rasakan sendiri manfaatnya. Selamat mencoba.

Untuk 1 porsi
Bahan

80 g (1 buah) pisang ambon
200 ml susu rendah lemak
50 ml air matang
2 sdm UN Prostar 100% Whey Protein
2 sdm yogurt rendah lemak
1 sdt peanut butter

Cara membuat

1. Masukkan semua bahan ke dalam blender atau food processor, kemudian diproses hingga semua bahan tercampur rata.
2. Sajikan atau dapat didinginkan terlebih dahulu dalam kulkas.

Nilai gizi per porsi

Energi: 351 kkal
Lemak: 9 g
Karbohidrat: 32.2 g
Serat: 2.9 g
Protein: 35.1 g

Tips dan saran

Sajikan dingin lebih nikmat.
Dinikmati sebagai sport drink selama berolahraga atau setelah berolahraga.
Dapat dinikmati pada saat snacking tetapi jumlahnya dikurangi dari porsi dia tas (kurang lebih ½ dari porsi di atas.
Dapat disajikan juga buat anak-anak juga tapi diperhatikan porsinya (kurang lebih ½ dari porsi diatas).

No comments: